Thursday, October 2, 2014

Beberapa Istilah Dalam Sistem Operasi

Kali ini, saya akan membahas beberapa istilah - istilah yang kerap kali digunakan di saat kita belajar tentang sistem operasi. Beberapa dari istilah yang akan saya bahas nanti, mungkin sudah familiar di telinga Anda. Dan beberapa juga mungkin masih sangat asing ditelinga Anda. Mari kita simak arti dan bahasan istilah - istilah yang sering digunakan dalam dunia sistem operasi.

  • Proses dan Thread

    Proses adalah entitas yang dieksekusi di sebuah prosesor. Bagaimana? Bingung? Untuk lebih gampangnya, proses adalah program yang berjalan. Sedangkan thread adalah dispatchable unit of work dan dieksekusi secara sekuensial dan dapat diinterupsi. Proses sendiri terdiri dari tiga bagian, yaitu : Executable program, data dan status proses (state).

  • Memory Management

    Dari namanya saja kita sudah bisa tau apa yang dimaksud dengan memory management. Sebuah OS harus mampu memanage memory (baik main memory, maupun secondary) untuk keberlangsungan proses dalam prosesor. Memory management meliputi : Alokasi memori secara otomatis, modular programming, proteksi dan kontrol akses dan juga long term storage.

  • Virtual Memory

    Memory tambahan yang berfungsi untuk membantu kinerja main memory yang kapasitasnya terbatas. Contohnya, ketika kita menginstall linux, seringkali kita mengalokasikan kapasitas storage kita untuk sebuah swap. Nah, swap ini yang disebut dengan virtual memory. Ukuran swap (virtual memory) sendiri idealnya adalah 2x kapasitas main memory.

  • Multiprocessing OS

    Pada dasarnya, sebuah prosesor hanya dapat mengerjakan satu buah proses dalam satu waktu. Namun, belakangan ini, sudah banyak bermunculan prosesor yang memiliki banyak inti prosesor. Seperti dualcore, quadcore, dll. Nah, karena prosesor sudah memiliki lebih dari satu inti, maka OS dapat memanfaatkan kondisi tersebut untuk melakukan multiprocessing. Multiprocessing adalah keadaan dimana sebuah prosesor melakukan lebih dari satu proses dalam waktu yang bersamaan karena prosesor sendiri memiliki jumlah inti lebih dari satu.

  • Multithreading

    Yaitu setiap proses yang dapat memiliki lebih dari satu buah thread yang dapat berjalan bersamaan.

  • Symetric Multiporcessing (SMP)

    Sistem operasi dan SMP membagi-bagi proses dan thread ke semua prosesor secara merata dengan syarat setiap thread harus dikerjakan oleh satu inti prosesor, tidak dapat dibagi menjadi 1/2 ataupun 1/4.

  • Jenis Sistem Operasi Berdasarkan Kernel
    1. Monolitik Kernel

      Kernel yang berupa satu proses besar yang berada pada addres yang sama. Contoh sistem operasi yang memakai jenis kernel ini adalah linux.

    2. Micro Kernel

      Kernel dibagi-bagi menjadi beberapa proses kecil yang disebut dengan server. Beberapa server berjalan di kernel space dana beberapa berjalan di user space.

0 comments:

Post a Comment