Sunday, September 28, 2014

Penyisihan National Programming Contest (NPC) Schematics 2014 - Commentary






Selamat siang teman - teman. Beberapa saat lagi akan berlangsung babak penyisihan National Programming Contest (NPC) Schematics 2014. Bagi yang belum tau, NPC adalah salah satu kompetisi competitive programming terbesar di Indonesia yang diadakan oleh jurusan Teknik Informatika ITS Surabaya. Kompetisi ini akan menguji daya logika serta nalar peserta - pesertanya.

Pada post ini, saya akan membawakan live commentary mengenai babak penyisihan NPC Schematics 2014. NPC sendiri berlangsung mulai pukul 13.00 - 18.00 WIB yang diikuti oleh 115 peserta yang berasal dari berbagai SMP/SMA sederajat di seluruh Indonesia. Post ini akan diupdate secara berkala.




Public Scoreboard dapat dilihat di sini

  • 13.00 : Kontes dimulai!
  • 13.02 : Ada 8 problem dalam kontes kali ini. A: Penghasilan Joke, B: Kucing 2, C: Raja Joke, D: Proyek Jalan, E: Bibit Unggul, F: Ken Yu Bit Me?, G: Lapak Joke, H: Attacker & Defender
  • 13.03 : Submission pertama oleh Fadhil Imam pada soal "Penghasilan JokeMart", namun sayang masih belum mendapatkan Accepted
  • 13.11 : First blood oleh Stacia Edina Johanna di soal "Penghasilan JokeMart".
  • 13.13 : First attempt soal G : "Lapak Joke". Namun sayangnya masih gagal.
  • 13.14 : Wira Abdillah menyusul Stacia di peringkat kedua setelah mendapatkan AC di soal "Penghasilan JokeMart"
  • 13.18 : Stacia mendapatkan AC keduanya pada soal "Kucing 2" dan semakin mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin klasemen sementara
  • 13.21 : Sergio Vieri naik ke peringkat 3 setelah mendapatkan Accepted pada soal A: Penghasilan Jokemart.
  • 13.24 : Lie Maximilianus menyusul mendapatkan Accepted pada soal A: Penghasilan Jokemart.
  • 13.39 : Terdapat kesalahan pada kasus uji soal G: "Lapak Joke". terdapat 6 solusi yang mendapatkan verdict Accepted setelah regrade. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.
  • 13.41 : Sampai saat ini sudah ada 10 peserta yang telah mensolve minimal satu soal.
  • 13.51 : Sampai saat ini, problem G: "Lapak Joke" masih menjadi problem yang paling banyak disolve oleh peserta, yaitu sebanyak 12 peserta. Sementara soal A:"Penghasilan JokeMart" masih menjadi problem favorit yang paling banyak "diserang" oleh peserta.

  • 13.57 : 4 besar klasemen sementara : 1. Stacia Edina (solve 3); 2. Wira Abdillah (solve 2 ); 3. Sergio Vieri (solve 2); 4. Lie Maximilianus (solve 2).

  • 14.05 : Rafael Herman Yosef naik ke peringkat 5 setelah mendapatkan AC di problem A:"Penghasilan JokeMart".
  • 14.17 : Restu Wahyu Kartiko menyodok ke posisi 2 setelah mendapatkan accepted pada problem B: "Kucing 2".
  • 14.33 : Joshua Aditya Mustiko naik ke posisi 3 setelah mendapatkan accepted pada problem B: "Kucing 2".
  • 14.36 : First AC problem H : "Attacker & Defender" oleh Agus Sentosa membawanya ke peringkat 10 sementara.
  • 14.41 : First AC problem D : "Proyek Jalan" oleh Umar Alfarouk membawanya ke peringkat 10 sementara dengan solve 2 problem.
  • 15.01 : Akhirnya Agus mendapatkan accepted pada problem A:"Penghasilan JokeMart" setelah 8 kali mengirim submission dan naik ke peringkat 7 sementara.
  • 15.02 : Lung Sin mendapatkan AC pada problem H : Attacker & Defender dan naik ke peringkat 6 sementara.
  • 15.04 : Joshua Aditya Mustiko mendapat AC pada problem H : "Attacker & Defender dan berhasil menggusur Stacia dari puncak klasemen sementara.
  • 15.10 : Sudah 2 jam lebih kontes berlangsung. Pergerakan di scoreboard semakin seru #fantasticschematics
  • 16.23 : Terjadi permasalah teknis pada server judge. Sebagai kompensasi, waktu pengerjaan penyisihan NPC diperpanjang selama satu jam.
  • 16.24 : Stacia berhasil mendapatkan first AC pada soal C:"Raja Joke".
  • 16.28 : Setelah sistem judge kembali normal, terjadi beberapa perubahan pada klasemen. Kali ini, Stacia berada pada peringkat pertama dengan jumlah solve 4 problem.


  • 16.49 : Stacia mendapatkan accepted pada problem D: "Proyek Jalan" dan semakin mengukuhkan posisinya di puncak klasemen sementara.
  • 17.23 : Stacia kembali mendapatkan accepted pada problem H: "Attacker & Defender". Kini total ia telah menyelesaikan 6 dari 8 problem yang diberikan.
  • 18.00 : Pukul 18.00, artinya tepat sejam sebelum kontes berakhir. Public scoreboard sudah difreeze. Berikut adalah kondisi akhir scoreboard sebelum difreeze.


  • 18.15 : Wow, terjadi beberapa hal setelah scoreboard difreeze :o . Nampaknya semakin akhir, kontes berlangsung semakin seru \(^^)/
  • 19.00 : Kontes telah berakhir! Peserta yang lolos penyisihan akan segera kami umumkan. Saya, mewakili seluruh panitia Schematics 2014, memohon maaf sebesar-besarnya apabila terdapat kesalahan serta ketidaknyamanan selama penyisihan NPC 2014 berlangsung. Terimakasih kepada seluruh peserta atas partisipasinya serta semua teman-teman yang sudah membantu menyukseskan penyisihan NPC 2014 hari ini. Akhir kata, selamat malam \(^^)/

0 comments:

Post a Comment