Tuesday, September 23, 2014

Pengertian Sistem Operasi dan Layanan - Layanan yang Diberikan

Pengertian Sistem Operasi

Mungkin sebagian besar dari pembaca sekalian, apabila mendengar kata "Sistem Operasi", pikiran teman - teman sekalian akan langsung tertuju pada Windows, Linux, Apple. Iya, benar. Windows, Linux dan Apple merupakan beberapa contoh dari Sistem Operasi. Tapi, tahukah Anda, apa sebenarnya Sistem Operasi itu?

Jadi, definisi simpelnya, Sistem Operasi adalah sebuah software/program yang berjalan dan bertugas untuk mengatur eksekusi program lainnya (Application Program). Sistem operasi bisa juga disebut sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Maksudnya adalah, apabila sistem operasi itu tidak ada, maka kita (user) akan berinteraksi langsung dengan hardware menggunakan bahasa mesin yang relatif sangat sulit untuk dimengerti.

Syarat Desain Sistem Operasi

Sebuah sistem operasi, tentunya memiliki desain tersendiri yang membuat dirinya unik (berbeda satu sama lain). Nah, desain dari sistem operasi sendiri tidaklah boleh sembarangan juga. Desain sistem operasi memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi agar sebuah sistem operasi dapat dikatakan sebagai sistem operasi yang baik. Berikut adalah beberapa syarat desain sistem operasi yang baik :

1. Kenyamanan
 
Desain sebuah sistem operasi harus memperhatikan kenyaman user serta memiliki interface yang userfriendly.


2. Efisiensi

Sebuah sistem operasi juga harus memperhatikan penggunaan sumber daya dalam penggunaan sistem operasi tersebut. Semakin efisien sebuah sistem operasi menggunakan sumber daya, maka semakin baik pula sistem operasi tersebut. Sebagai contoh, untuk menjalankan aplikasi pemutar musik, sistem operasi X menghabiskan 100% daya baterai laptop selama 2 jam, sementara sistem operasi Y menghabiskan 100% daya baterai laptop (dengan laptop yang sama) selama 3 jam. Itu artinya, sistem operasi Y lebih efisien dalam penggunaan sumber daya daripada sistem operasi X.

3. Kemampuan Untuk Berevolusi

Karena teknologi yang terus berkembang yang menyebabkan banyaknya hardware - hardware baru yang bermunculan, serta sering ditemukannya bug - bug pada setiap sistem operasi, maka setiap sistem operasi harus memiliki kemampuan untuk berevolusi. Bayangkan apabila semua sistem operasi tidak memiliki kemampuan untuk berevolusi, tentu kita tidak akan pernah merasakan yang namanya Windows 7, Windows 8, dll.


Layanan Yang Disediakan Sistem Operasi

Berikut adalah layanan - layanan yang seharusnya disediakan oleh sebuah sistem operasi :

1. Program Development

Sistem operasi harus mampu menyediakan layanan kepada user untuk menciptakan dan mengembangkan sebuah program. Contohnya adalah sistem operasi minimal harus memiliki text editor dan debugging tools.

2. Program Execution


Sistem operasi (OS) harus dapat menghandel beberapa task yang membutuhkan eksekusi sebuah program. Tugas OS tentunya adalah mengatur jalannya task - task tersebut.

3. Access I/O Devices
 
Sebuah OS harus dapat mengontrol akses user ke perangkat I/O  dengan menampilkan interface yang sama walaupun user mengakses media yang berbeda.

4. Controlling System and File Access

Sebuah OS juga harus dapat mengontrol hak akses user dalam mengakses file serta system dari komputer tersebut.

5. Error Detection and Response

Sebuah OS harus memiliki fasilitas mendeteksi error dan menginformasikannya kepada user dengan cara yang mudah dimengerti oleh user. OS juga harus memiliki respon yg tepat dan cepat terhadap setiap error yang terjadi untuk mempermudah user dalam penggunaan OS. Walaupun ada beberapa error yang tidak dapat diatasi oleh OS, seperti masalah pada hardware, dan lainnya.

6. Accounting

Sebuah OS juga harus mampu menghitung serta menginformasikan proses-proses yang dirasa penting untuk diketahui oleh user. Seperti monitor performance, dll.


Peranan Sistem Operasi dan Penyebab Evolusi Sistem Operasi


Tentunya dari bahasan diatas, kita sudah dapat menyimpulkan apa peranan dari sistem operasi (OS). peran OS yang paling krusial adalah sebagai pengontrol eksekusi program lain agar tidak terjadi crash serta menjadi perantara antara sofware dengan hardware.

Mengapa OS perlu berevolusi? Ada beberapa alasan yang membuat sebuah OS "wajib" berevolusi. Yang pertama adalah munculnya hardware dengan tipe baru serta munculnya teknologi - teknologi baru yang mungkin belum kompatibel dengan versi OS sebelumnya. Tentunya sebuah OS yang sudah berevolusi, tidak hanya perlu memperhatikan device - device keluaran terbaru, tetapi OS tersebut juga harus memperhatikan kompatibilitas device - device keluaran - keluaran sebelumnya. Karena tidak semua user menggunakan device keluaran terbarunya. Alasan berikutnya adalah munculnya bug pada versi OS yang sebelumnya, sehingga developer harus membenahi bug - bug yang muncul, lalu merilis versi OS yang lebih baik sebagai OS versi selanjutnya. Dan masih banyak alasan - alasan lain yang menyebabkan OS harus berevolusi.

0 comments:

Post a Comment